PDIP Tak Galaukan Koalisi

By radarmadiunweb - Fri Oct 26, 5:00 pm

KOTA – Panjangnya daftar partai yang berkoalisi menghadapi Pilkada Magetan 2013 ternyata tak membuat PDI Perjuangan galau. Bahkan, pimpinan partai pemenang pemilu di Magetan itu terkesan menyikapi dingin koalisi itu.

‘’Kami santai saja (menanggapi koalisi). Toh itu paling masih belum final kan,’’ kata Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan Samsi, kemarin (25/10).

Dia berasumsi tidak ada lawan atau kawan abadi dalam percaturan politik. Karena itu, koalisi partai pasti berbasis pada kepentingan. Jika terdiri dari tujuh partai maka semakin banyak kepentingan yang bakal diusung. ‘’Berbeda dengan kami, PDIP yang merupakan partai terbuka. Kami welcome dengan siapa pun,’’ ujar pria yang juga wakil bupati Magetan ini.

Samsi menyebut pihaknya masih menjalin komunikasi cukup baik dan intens dengan sejumlah pimpinan parpol di Magetan. Tanpa kecuali dengan tiga pimpinan parpol koalisi besar. Seperti, H Sutikno (PAN), H Hartoto (Partai Demokrat), dan Sofandi (Partai Golkar). ‘’Saya sering bertemu dengan mereka. Inti pembicaraan bagaimana Magetan bisa lebih baik,’’ terang dia.

Wakil Bupati Magetan itu sempat mengutip intruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri pada Rakernas di Surabaya beberapa waktu lalu yang meminta kader partainya lebih berkonsentrasi merapatkan barisan. Termasuk melakukan pembenahan internal untuk menguatkan mesin partai ketimbang harus gusar terhadap rival yang muncul. ‘’PDIP di Magetan adalah partai besar. Ada 6000 pengurus, mulai DPC, PAC hingga tingkatan ranting dan anak ranting. Tiap hari kami turun ke desa-desa melakukan konsolidasi,’’ tegasnya.

PDIP merupakan partai penguasa di DPRD Magetan dengan komposisi 11 kursi. Sejumlah kandidat yang ingin maju di Pilkada Magetan mulai merapat ke partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran itu sejak pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dibuka. ‘’Intinya kami memilih berkonsentrasi ke dalam, lebih banyak membuktikan turun ke bawah. Tadi malam saja saya juga baru dari Kecamatan Panekan,’’ ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah parpol ingin berkoalisi menghadang laju PDIP memenangi Pilkada Magetan 2013. Pimpinan tiga partai besar (Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN) bersepakat membentuk koalisi. Sehari kemudian, Partai Patriot, PPDI, Partai Hanura, dan Partai Gerindra menyatakan ikut berada di barisan koalisi. (wka/hw)

Leave a Reply