Pemenang Pilkada Diketahui Sore Ini

By radarmadiunweb - Wed Apr 24, 5:08 am

KOTA - Siapa Bupati dan Wakil Bupati Magetan lima tahun mendatang? Jawabannya sudah dapat diketahui sekitar pukul 16.00 nanti. Ya, sebanyak 553.724 penduduk Magetan yang memiliki hak suara akan menentukan pilihan mereka, hari ini (24/4).

Ada tiga pasang calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang menjadi kontestan Pilkada Magetan 2013. Yakni, H Sumantri-Samsi (SMS), Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NaSPro), dan Djoko Prabowo-Hartoto (Djowo-Toto). Masing-masing tim pemenangan juga sudah menyiapkan quick count (penghitungan cepat) untuk mengetahui perolehan suara tiga pasangan.

Rinita Sofia Hadi, ketua tim pemenangan Sumantri-Samsi (SMS) menegaskan, pihaknya mulai kemarin (23/4) sudah menyiapkan relawan dan satgas di 1.381 TPS (tempat pemungutan suara) yang ada. Mereka akan di-stand by-kan hingga proses penghitungan suara tuntas. Relawan dan satuan tugas itu juga mengawal perolehan suara hingga PPK dan KPUD. ‘’Kami akan melakukan penghitungan cepat. Mekanisme tertata dari tingkat bawah hingga tatanan atas,’’ tegas Kohong –sapaan Rinita Sofia Hadi, kemarin.

Sedangkan kubu Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NaSPro) tetap mengandalkan loyalis untuk memantau perolehan suara di setiap TPS. Pasangan dari jalur independent ini juga penasaran apakah kaum perempuan ikut tergerak hingga mendongkrak perolehan suara. ‘’Tentu saja sudah siap dengan pilkada ini, apapun hasilnya,’’ jelas Cabup Nanik Karsini.

Abraham Nurcahyo, humas tim pemenangan pasangan Djoko Prabowo-Hartoto (Djowo-Toto), mengerahkan saksi yang disebar di seluruh TPS untuk memantau perolehan suara. Djowo-Toto juga menyiapkan quick count guna mengetahui hasil pilkada dengan cepat. ‘’Sudah kami rancang untuk menginformasikan perolehan suara di tiap TPS,’’ terangnya.

Sementara itu, distribusi logistik pilkada tidak menemui kendala berarti. Kotak suara dan perlengkapan pemungutan suara sudah disalurkan ke tiap-tiap TPS. Pengamanan dilakukan langsung anggota kepolisian, TNI, dan petugas linmas yang akan bersiaga penuh hingga proses penghitungan suara tuntas.

Hanya SMS yang Punya Hak Pilih
KENDATI menjadi peserta pilkada, tidak semua pasangan calon dapat menyalurkan hak suara. Dari tiga pasangan cabup dan cawabup, hanya H Sumantri-Samsi (SMS) yang memiliki hak pilih. Pasangan Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NaSPro) bahkan sama-sama ber-KTP luar Magetan. Sedangkan dari pasangan Djoko Prabowo-Hartoto (Djowo-Toto) hanya Hartoto yang punya hak memilih.

‘’Karena terkendala faktor domisili. Ketiganya (Nanik Karsini, Sugiho Pramono, dan Djoko Prabowo, Red) tidak memiliki KTP Magetan,’’ terang Agus Suprihatin, anggota KPUD Magetan, kemarin (23/4).

Berdasar kartu identitas terakhir, Nanik Karsini berdomisili di Jalan Kebayoran Lama 101 Grogol Jakarta Selatan. Sedangkan, Sugiho Pramono, pendampingnya, bertempat tinggal di Desa/Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Cabup Djoko Prabowo juga tak bisa menyalurkan hak pilih di pilkada karena purnawirawan TNI ini menetap di Jalan Nusa Indah 111 Blok B Kelurahan Jakasetia, Bekasi Selatan. ‘’KTP merupakan syarat wajib untuk menentukan DPT (daftar pemilih tetap),’’ jelas Agus Suprihatin.

Sementara itu, Sumantri akan mencoblos di TPS 1 Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro. Letak tempat pemungutan suara itu hanya berjarak 300 meter dari rumah. Sumantri mengaku akan datang ke TPS bersama istri dan anaknya. ‘’Seperti yang sudah-sudah, saya akan datang ke TPS bersama keluarga,’’ jelas Sumantri.

Sedangkan cawabup Samsi akan menentukan pilihan di TPS 05 Desa Kembangan Kecamatan Sukomoro. Samsi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan ini akan mendatangi TPS dengan kawalan satgas. ‘’Akan kami lakukan pengawalan untuk pasangan calon dari PDI Perjuangan,’’ tegas Rinita Sofia Hadi, ketua tim pemenangan SMS.

Cawabup Hartoto akan menyalurkan hak pilihnya di TPS 09 Kelurahan Selosari. Seperti kandidat lain yang memiliki kartu pemilih, Hartoto mengajak keluarga dan kerabat untuk bersama-sama mendatangi TPS. ‘’Sekalian minta doa restu kepada warga sekitar. Sebab selama ini telah ikut mendukung kami,’’ tandas Hartoto. (dip/hw)

Leave a Reply