Yuliana-Kartika-Eny Kompak Tidak Nyaleg

By radarmadiunweb - Wed Apr 24, 5:40 am

MADIUN – Tiga politikus perempuan di DPRD Kota Madiun absen dalam pemilu legislatif (pileg) 2014. Mereka adalah Yuliana dan Juniati Kartika dari Partai Demokrat, dan seorang lagi Eny Kusumawardhani dari Partai Golkar. Yuliana saat ini tercatat sebagai anggota komisi III, Juniati Kartika (komisi II) dan Eny Kusumawardhani (komisi II).

Ketiganya tidak masuk dalam daftar bacaleg yang disetorkan parpol mereka ke KPUD Kota Madiun. Sekretaris DPC Partai Demokrat Istono dikonfirmasi Jawa Pos Radar Madiun mengamini Yuliana dan Juniati Kartika mengundurkan diri dari pencalegan. ‘’Soal apa alasan mundur, silakan tanya lebih detail kepada yang bersangkutan,’’ kata Istono, kemarin (23/4).

Internal Demokrat, lanjutnya, sebelumnya sudah menyusun daftar bacaleg yang akan disetorkan ke KPUD setempat. Yuliana masuk di daerah pemilihan (dapil) Kota Madiun 2 dan Juniati Kartika di dapil Kota Madiun 4. Sesuai rencana, berkas bacaleg itu diserahkan Jumat (19/4) pekan lalu.

Karena mendadak Yuliana dan Juniati Kartika mengundurkan diri, Demokrat harus kembali menata ulang bacaleg. Demokrat akhirnya menyerahkan berkas tepat di hari terakhir pendaftaran, Senin (22/4) lalu. ‘’Saya menerima informasi pengunduran diri dari ketua DPC (Bambang Irianto, Red), setelah itu langsung revisi daftar caleg,’’ jelas pria yang juga Ketua Komisi II DPRD Kota Madiun tersebut.

Karena mundur, lanjutnya, posisinya diganti bacaleg lain yang sebelumnya tidak masuk daftar. Sesama kolega di gedung DPRD, Istono juga sempat menyarankan agar keduanya tidak mengundurkan diri. Meski dua incumbent mundur, kata dia, target Partai Demokrat menambah perolehan kursi DPRD tidak berubah. Saat ini, Demokrat memiliki delapan kursi. Pada Pileg 2014 mendatang ditargetkan mendapatkan 10 kursi. ‘’Kami sudah punya strategi, terutama di dapil yang ditinggal Bu Yuliana dan Juniati Kartika,’’ ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Golkar Kota Madiun Agus Hariadi mengamini Eny Kusumawardhani tidak nyaleg pada Pemilu 2014. Pada pileg 2009, Eny diberangkatkan Partai Golkar dari dapil Kartoharjo. ‘’Iya betul Bu Eny tidak nyaleg,’’ ujarnya.

Sementara itu, Eny Kusumawardhani dikonfirmasi menjelaskan alasan tidak nyaleg karena faktor keluarga. Dia ingin lebih fokus mengurus anak keduanya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan periode berikutnya akan kembali menjadi bacaleg dari Golkar. ‘’Pilihan terbaik saat ini saya tidak maju caleg, saya mau bersama-sama anak-anak dulu. Insya Allah periode selanjutnya masih mau menjadi dewan,’’ ujarnya.

Alasan senada disampaikan Juniati Kartika, yang menyatakan akan lebih fokus mengurusi buah hatinya. ‘’Saya memang sempat masukin berkas, tapi akhirnya saya ngomong kalau boleh mengundurkan diri, karena ingin fokus ke keluarga,’’ tandasnya. (ota/irw)

Leave a Reply