Sekolah Swasta Ungguli Negeri

By radarmadiunweb - Sat May 25, 5:11 am

KOTA – Sekolah swasta di berjaya. Hasil ujian nasional (unas) SMA sederajat tahun ini, seluruh SMA/SMK/MA swasta di Kota Kripik berhasil meluluskan 100 persen siswanya. Pun nilai tertingi unas SMK diraih siswi SMK swasta di Kecamatan Kedunggalar dengan nilai 37,40.

Peringkat kedua diraih siswi SMKN pinggiran dengan nilai 36,60. Sedangkan SMK favorit di Ngawi hanya mampu menempatkan siswanya di posisi ketiga dengan nilai 36.00. Sementara, satu siswi dari MAN favorit di wilayah barat Ngawi dinyatakan tidak lulus. ‘’Nilainya masih di bawah rata-rata, 5,40. Sedangkan untuk lulus harus mengantongi nilai 5,40. Untuk MA swasta lulus semua,’’ terang Kasi Penmas Kemenag Ngawi Moh Wahib kemarin (24/5).

Dia mengaku pihaknya telah mengkonfirmasi ke MAN tersebut dan diketahui siswi yang dinyatakan tidak lulus itu memiliki sedikit kekurangan dibandingkan siswa lainnya. ‘’Hanya satu itu yang tidak lulus. Itu yang membuat kami heran,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Ngawi.

Meski ada yang tidak lulus, menurutnya, hasil unas MI di Ngawi secara umum meningkat. Dia menyebut nilai rata-rata kelulusan tahun ini lebih tinggi dibanding sebelumnya. ‘’Jadi, bukan berati kualitas sekolah negeri menurun,’’ katanya.

Sementara itu, kejanggalan hasil unas ditemukan di SMA favorit Ngawi. Salah seorang siswa tidak jelas status kelulusannya karena nilai matematikanya kosong. Akibatnya, siswa jurusan IPA berinisial BS itu harus menunggu pengurusan nilainya karena tidak dapat di-scan lantaran LJK dinyatakan rusak.

Sesuai berita acara yang dibuat saat unas lalu, diketahui LJK milik BS rusak pada nomor 1, 24, dan pada huruf digit T di kolom nama. ‘’LJKnya berlubang akibat dihapus untuk mengganti jawaban,’’ ungkap Kabid Dikmen Dindik Ngawi Gunadi Ash Cidiq.

Dikatakan, terkait hal tersebut pihaknya sudah koordinasi dengan dindik provinsi untuk menanyakan nilai matematika yang kosong itu. ‘’Sudah saya email sesuai berita acara saat ujian dulu, dan dijanjikan dalam waktu dekat nilainya diurus,’’ tutur Gunadi sembari menambahkan bahwa empat mapel lain siswa itu memiliki nilai bagus. (pra/isd)

Leave a Reply